Minggu, 12 Juni 2011

Makna di balik aliran musik

Kita semua tentu sudah banyak mengetahui aliran musik yang ada saat ini. Semakin tingginya teknologi, semakin beragam pula aliran musik yang timbul di tengah masyarakat. Namun ada makna tersendiri dari berbagai aliran musik yang ada saat ini menurut dari pandangan ane. Entah setuju ataupun tidak, ya memang itulah resiko sebuah pendapat. Tapi tak apa! Satu persatu ane kupas makna aliran musik saat ini. Checkibrotbrotbrot



-Punk, ini aliran musik yang ane demen gan! Musik Punk berarti bebas. Memang benar banget nuansa punk memang sarat dan kental akan kebebasan. Ditandai dengan nada yang ringan, cepat dasn konstan tapi menarik. Jadi arti dari punk adalah BEBAS.
-Metal, aliran musik yang sarat nuansa menyeramkan. Musik metal banyak yang mengandung nuansa penolakan terhadap kehidupan. Banyak pesan yang bisa kita ambil hikmahnya dari musik ini. Meski sulit didengar dan penuh akan nuansa kesetanan, aliran ini merupakan sebuah aliran yang kreatif. Jadi arti metal adalah TOLAK.
-Pop, ceria dan easy listening. Mudah dipahami oleh banyak penikmat musik. Nada yang sederhana dan simple tetap menjadi sebuah lantunan yang menarik bagi khalayak. Penuh akan nuansa keceriaan. Jadi arti dari pop adalah CERIA dan SIMPLE.
-Jazz, aliran ini begitu kaya akan nada, membuat kita ingin menari ketika mendengarnya. Bahkan ada sebuah anggapan, kuasalilah musik jazz bila ingin menjadi seorang ahli dalam memainkan alat musik. Nada yang terjadi dalam setiap bait musik jazz sangat sulit dimainkan bagi seorang yang amatir. Musik ini begitu mewah dan kaya akan not-not. Jadi arti musik jazz adalah MEWAH
-Dangdut, siapa sih yang tak kenal dangdut???aliran yang tercipta dari bang Haji Rhoma ini begitu dikenal dari kalangan atas hingga bawah. Musik yang khas dengan pukulan gendang ini bisa menghipnotis orang di kala mendengarkan. Menurut ane arti dari musik ini adalah SANTAI.
-Reggae, Bob marley punya gan..Nuansa persahabatan yang kental di sini patut diacungi jempol. Meski identik dengan daun ganja tapi ga bisa dipungkiri bahwa reggae memang musik yang top. Kebersamaan lebih diutamakan. Ringan dan menggunakan sebuah space kosong pada tiap nadanya menjadikannya memiliki ciri khas tersendiri. Jadi arti dari Reggae adalah KEBERSAMAAN.
-Balada, penuh moral dan tanggung jawab. Sering dibawakan oleh seorang Soloist. Petikan gitar memiliki peran tersendiri di sini. Penuh akan pesan moral yang wajib kita telah dari sini. Jadi arti balada adalah NASIHAT.
-Rock, nada yang terjadi begitu jelas dan keras. Terdengar secara tajam dan tidak banyak memiliki nilai semu. Langsung aja, jadi arti rock adalah TAJAM dan JELAS.

Setuju atau tidak, itulah pendapat ane. Boleh dikritik boleh didukung, karena itu memang sebuah kemerdekaan berpendapat!Terima kasih gan udah mampir, semoga bermanfaat!

4 komentar:

  1. Mantap sob artikelnya, jadi lebih mengerti mengenai aliran jenis musik, kalo musik musik religi masuk ke aliran mana ya sob?, pop kali ya..., thanks atas artikel menariknya.

    BalasHapus
  2. kok ga ada musik klasik? apa klasik itu udah termasuk salah satu yang disebutin di atas??

    BalasHapus
  3. @organik aceh:religi masuk aliran mana ya gan?takut ngebahas sih coz takut ntar kualat!hehehe
    @fin:klasik ntu termasuk aliran yang sulit dimengerti!khan ada banyak instrumen,,tapi kalo menurut ane sih artinya Ketenangan..

    BalasHapus
  4. waaah aliran musik yang saya dengar apa ya ? saya termasuk orang yg gg ambil pusing tentang genrenya yang penting enak didengar, jadi mungkin makna kuping saya plin-plan ya hhohho
    eh tapi saya cenderung ke klasik deh, kuping yang membutuhkan ketenangan *eh jadi panjang*

    BalasHapus

Silahkan koreksi melalui kolom komentar. Terima Kasih