Sabtu, 25 Juni 2011

Sejarah tentang Olahraga Parkour


Sebagian besar orang mungkin belum mengenal baik tentang olahraga yang satu ini. Memang tidak terdaftar sebagai olahraga oleh serikat olahraga. Namun jika agan berlatih parkour maka sobat bisa mendapatkan manfaat dari beberapa jenis olahraga karena parkour merupakan gabungan dari banyak olahraga seperti atletik, lari, lompat, dan halang rintang.
Parkour ditemukan oleh orang perancis bernama David Belle. Arti dari Parkour sendiri adalah bergerak atau berpindah tempat dari point A ke point B seefisien dan secepat mungkin yang menggunakan prinsip dari Parkour dengan mengedepankan keindahan bergerak sekaligus diimbangi oleh kemampuan dari tubuh manusia itu sendiri.
Sebelum ditemukan oleh David Belle, sebenarnya parkour sudah mulai berkembang. Hanya saja masyarakat hanya melakukan tanpa ada dasar dan disertai dengan penjelasan yang signifikan. Barulah ketika David Belle mengembangkan setiap gerakan-gerakan kemudian terciptalah Parkour.
David terinspirasi oleh sang ayah yang bernama Raymond Belle. Dia adalah seorang tentara Perancis yang akhirnya bergabung dengan sapeurs-pompiers ( pemadam kebakaran militer). Lahir di tengah keluarga pemadam kebakaran membuat David terinspirasi dengan cerita-cerita tentang kepahlawanan. Saat berumur 16 tahun, David memutuskan untuk meninggalkan sekolah untuk mencari kecintaannya akan kebebasan, aksi, dan untuk mengembangkan kekuatan dan ketangkasan yang dimilikinya agar berguna dalam kehidupannya, seperti yang selalu dinasehatkan oleh ayahnya.
Raymond memperkenalkan pada anaknya tentang sebuah latihan halang rintang dan metode natural yang akhirnya dikenal dengan nama Parkour. Sejak saat itu ,setiap David sepulang sekolah ia mulai memainkan skenario sendiri bagaimana dia bisa meloloskan diri dari situasi yang sulit. Menurut David, Parkour dapat berguna sebagai self-defense dalam keadaan tidak terduga. Saat martial art bisa disebut sebagai sebuah bentuk latihan untuk fight (bertarung), parkour merupakan suatu bentuk latihan untuk flight (kabur).
Sejak Usia 15 tahun, David Belle pindah ke Lisses (salah satu kota di Perancis). Pada waktu itu, dia bertemu dengan para remaja di sana yang tertarik dengan apa yang dilakukan oleh David. Disinilah cikal bakal dari lahirnya sebuah grup Parkour yang dikenal dengan nama Yamakasi. Bersama teman masa kecilnya, Sebastian Foucan beserta beberapa pemuda lainnya mulai mengembangkan Yamakasi sebagai tim Parkour yang dikenal di Perancis. Namun karena perbedaan prinsip, David dan Sebastian berpisah dan meninggalkan Yamakasi. Sehingga saat film Yamakasi yang dibuat pada tahun 2001 harus tetap berjalan tanpa kehadiran mereka berdua.
David tetap memegang prinsip Parkour yang tetap mengedepankan tentang keefektifan dan efisiensi yang menampilkan kesederhanaan dan memiliki filosofi melewati rintangan dengan cepat dan efisient. Sedangkan Sebastian lebih memilih untuk membuat gerakan-gerakan dari parkour terlihat lebih indah yang dapat membuat orang yang melihatnya menjadi tertarik. Sehingga akhirnya ia menambahkan gerakan acrobat seperti flip atau salto dikombinasi dengan gerakan pacours du combatant yang akhirnya menjadi Freerunning. Hal tersebut yang membuat David Belle berbeda pandangan dengan Sebastian Foucan. Karena menurut David Belle, gerakan acrobat atau salto sangat tidak efisien dan sangat bertolak belakang dengan originalitas Parkour. Selain itu, keinginan untuk melakukan gerakan hanya untuk dilihat orang lain tanpa keinginan untuk melakukan gerakan itu dari diri sendiri, merupakan hal yang bertolak belakang dengan parkour.
-------------------------------------------------------------------------------------------------

25 komentar:

  1. Assalamu'alaikum...
    nice info.
    aku uda follback, tengkyu n salam ukhuwah

    BalasHapus
  2. olahraga yg pnuh tntangan & extra hti-hti nih,,
    mkasih sob knjungan & comentny !
    slam prshbtan sllu,...

    BalasHapus
  3. Mau coba jadi parkour, tapi ntar dimarahin yg punya tempat :D

    BalasHapus
  4. Tuh badan pasti kuat banget.

    BalasHapus
  5. wah, ada banyak sejarah ini itu ya disini, bisa tambah pengetahuan. Baru tau juga kalau nama nya Parkour untuk yg beginian

    BalasHapus
  6. @Iffa:ok gan,,thank
    @insomnia:siap gan!salam persahabatan

    BalasHapus
  7. @ahong:siapa yang marahin gan?
    @tukang colong:bener kang,kalo ga kuat bisa patah tulang

    BalasHapus
  8. @horizonwatcher:ok sob!semoga bermanfaat,,

    BalasHapus
  9. kalau gak salah... arti dari parcour itu balap lari bukan?! sehat jasmani!

    BalasHapus
  10. datang disini...
    wah wah, saya udah nnton pilem yg berjudul YAMAKASI,tnpa terjemahan inodenesia..... --"
    nice inpo,

    BalasHapus
  11. Keren nih memang olahraganya. Gue sendiri takjub melihat orang2 yang bisa nih olahraga :D

    BalasHapus
  12. Yang marahin yang punya tempat :D

    BalasHapus
  13. aku malah baru ngerti ada olahraga beginian --"
    aku share yaaa :D

    BalasHapus
  14. Aku lari aja napas udah habis, pinggang langsung encok.. akakakak

    BalasHapus
  15. Misi, misi, mampir dulu ah :)

    BalasHapus
  16. olah raga yang ini baru aku dengar gan

    BalasHapus
  17. aku suka liat video parkour
    sepertinya mereka begitu lemah gemulai tapi kuat
    sehingga bisa melompat dan menggantung pada suatu benda

    BalasHapus
  18. Aq ga mungkin bs kayaknya
    Namanya jg br dngr x ini :)

    BalasHapus
  19. Katanya ada yang pernah sampe meninggal

    BalasHapus
  20. Katanya ada yang pernah sampe meninggal

    BalasHapus
  21. Katanya ada yang pernah sampe meninggal

    BalasHapus
  22. iya gan aku belum mengenal olag raga yang ini

    BalasHapus
  23. Wah, gue juga baru tau olahraga ini pas ada acara master chef kemarin yg salah satu pesertanya atlet parkour,. Info yg bagus, jadi nambah wawasan gue, hehe..

    BalasHapus

Silahkan koreksi melalui kolom komentar. Terima Kasih