Minggu, 21 Agustus 2011

4 Pantangan menggunakan Email di Internet

Tentunya setiap orang telah mengerti dengan apa yang dimaksud dengan E-mail. Yang belom tahu,,tanya aja ama mbah darmo, eh salah,.bukan mbah darmo tapi mbah google ( dukun paling ganteng seantero bumi ). Email udah jadi kebutuhan penting bagi setiap orang, entah itu untuk melamar kerja, berbisnis di internet atau hanya sekedar untuk pamer!( gubrak!! #ketiban tangga.red ). Biasanya nih, para kawula muda sering menggunakan email hanya untuk sekali pakai. Cukup buat konfirmasi untuk layanan jejaring sosial. Habis itu ngilang dah..kaga tahu pasword emailnya lagi dan yang diinget cuman password buat jejaring sosialnya,, Uhuk-uhuk ( admin banget ). Bicara masalah email, sekarang sudah banyak pantangan yang harus diwaspadai dari penggunaanya. Hal itu karena semakin meningkatnya pengunaan internet di kalangan masyarakat. Supaya ke depan, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 
1. Jangan Asal Menaruh Material penting di pesan Email 
Internet itu bukanlah sesuatu yang selalu aman. Banyak komunikasi di internet yang rawan akan penyadapan, seperti di email. Jadi jangan sekali-kali menaruh material rahasia, penting, dan sesuatu yang berbau personal di dalam pesan email. Apabila mendapat inbox yang berkaitan dengan hal penting, sebaiknya segeralah dihapus setelah dibaca dan di save bagian pentingnya. 
2. Jauhi hal-hal yang berbau hak cipta 
Jangan menaruh artikel atau material berbau hakcipta di pesan Email. Teknologi Email yang semakin canggih sekarang, sudah bisa memuat berbagai bentuk file seperti gambar, lagu, video atau software. Jadi usahakan agar menghindar dari perbuatan yang bisa melanggar hak cipta. Bisa-bisa engkau dipenjara hanya karena mengirim video yang berlisensi ke teman, tentunya itu tindakan konyol.. 
3. Jangan menyamakan email untuk personal dengan email untuk Jejaring Sosial 
Menghindari adanya email yang mengganggu. Kita ambil contoh di Faceb**k, ketika status kita dikomentari maka semua komen dan pemberitahuan tentang akun kita, semuanya akan terforward ke email kita. Jadi sebisa mungkin email personal jangan disangkut-sangkut kan dengan email untuk jejaring sosial. Kalo bisa satu akun satu email ( kalo hapal semua passwordnya ). 
4. Hindari Spam me-Nyepam 
Bagi sebagian orang, spam dianggap sesuatu hal yang mengganggu. Jika anda mengirim spam, kemungkinan yang merugi adalah orang yang dikirimi spam. Promosi akan suatu hal memang boleh, tapi janganlah terlalu berlebiahn hingga mengganggu banyak pengguna internet. Spam pun tidak hanya berkaitan pada email, tetapi segala hal yang berkaitan dengan internet. 

semoga bermanfaat,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar merupakan tindakan yang terpuji...
Jadi komentarlah dimari..