Rabu, 17 Agustus 2011

Terbentuknya Great Lakes

Kelima Great Lakes disatukan menjadi area berisi air tawar terbesar di seluruh dunia. Bahkan, salah satunya, Danau Superior, lebih besar daripada danu lainnya yang ada di dunia. Satu-satunya danau air asin yang lebih besar adalah Laut Kaspia.

Cekungan Great Lakes mungkin terkeruk oleh gletser pada Zaman Es. Saat Gletser mendorong dari Utara, Es besar  yang bergerak membuat lembah ini lebih dalam dan lebih lebar.

Lalu, ketika es mencair, yang tersisa adalah landasan besar yang terdiri dari pasir, kerikil, dan batuan di mana tadinya terdapat gletser. Landasan ini menutup apa yang dulunya menjadi jalan keluar dari lembah.

Pada saat yang sama, ketika massa es menghilang, daratan mulai meningkat berawal di barat daya. Ini menyebabkan permukaan daerah menjadi melengkung, jadi air mengalir dari barat daya ke timur laut. Pada saat es mundur, semua danau mengalir ke lengkungan ini ke dalam sungai St. Lawrence dan Samudera Atlantik.

Apa yang menyebabkan Great Lakes selalu penuh dengan air tawar? Beberapa sungai memang mengalir ke sana, tapi sebagian besar sungai di daerah itu mengalir menjauhi cekungan Great Lakes. Sumber Utama suplai air untuk danau-danau ini adalah air tanah yang berada di dekat permukaan seluruh daerah ini.

Dasar danau seperti cekungan yang berada di bawah ketinggian air tanah, jadi selalu terisi dengan air resapan dari banyak mata air kecil. Jadi Great Lakes adalah kolam penampungan raksasa dan dengan demikian selalu mempunyai suplai air bersih.

Seluruh areal Great Lakes dan saluran-salurannya adalah 242.457 Hektar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar merupakan tindakan yang terpuji...
Jadi komentarlah dimari..