Rabu, 14 September 2011

Pesawat Eksperimental yang Canggih


XFV-1 Salmon
Dalam perkembangan teknologi tentu tak jauh dengan yang namanya eksperimen. Jika eksperimen berhasil tentunya akan menghasilkan sesuatu yang baru alias inovasi tetapi ketika gagal akan membuat stress pikiran banyak orang. Siapa yang tak kenal pesawat terbang? Teknologi buah karya wright bersaudara kini telah berkembang pesat. Nah di bawah ini beberapa pesawat eksperimental yang keren namun ada beberapa yang tidak diproduksi untuk dijual.
- C 45-01 Celeoptere
Berbentuk jet belt, alat ini mungkin dapat dikatakan bukan pesawat namun lebih mendekati sayap untuk terbang. Berbentuk seperti ransel dan mudah dibawa-bawa. Alat ini dapat menerbangkan seseorang layaknya seperti dalam superhero. Eksperimen pesawat seperti ini dahulu dilakukan oleh Snecma ( perancis ) yang meiliki bentuk sayap melengkung namun setelah di uji coba ternyata gagal. Barulah 10 tahun kemudian perusahaan Bell mengembangkan sistem kerja nya dan terciptalahalat tersebut.
- Dornier Do31E3
Pesawat ini mampu tebang tegak Lurus. Pesawat eksperimental ini dibuat oleh perusahaan pesawat terbagn asal Jerman, Dornier. Pesawat ini dapat terbang dan mendarat secara vertikal atau tegak lurus karena telah dipasang mesin pendorong pesawat 90 derajat untuk memutar ke atas sayap poros utama. Meskipun tergolong unik namun pesawat ini tak pernah dibuat menjadi pesawat operasional.
- AST
Siapa yang tak kenal Concorde, pesawat yang mampu melebihi kecepatan suara ini ternyata mampu dikalahkan oleh kemampuan AST. Dirancang oleh British Aerospace dan dirancang untuk menggantikan Concorde. Pesawat ini memiliki daya angkut 280 penumpang.
- XFV-1 Salmon
Pesawat yang dimiliki angkatan laut amerika ini mampu diparkir berdiri. Hal ini bertujuan agar kapal pengangkut pesawat dapat mengangkut jumlah yang lebih banyak. Asal agan tahu, pesawat ini hanya memerlukan tempat parkir dengan diameter kurang lebih 4 meter.
- JSF X-32A
Pesawat ini merupakan pesawat tempur yang bisa digunakan bersama-sama dengan angkatan laut, marinir, dan udara. Oleh karena itu pesawat ini sering disebut Joint Strike Fighter disingkat ( JSF ) atau dalam bahasa Indonesia disebut pesawat tempur pemukul bersama. Karena dibuat untuk keperluan abad 21, pesawat ini tentunya lebih canggih dari pesawat tempur yang sudah ada. Kemampuannya istimewa meliputi sulit dilacak radar, berkecepatan supersonik, dan amat lincah di udara.

3 komentar:

  1. pesawatnya kalo di gambar mirip mainan

    info yg bagus.... :-)

    BalasHapus
  2. @anisayu:he'em,,khan memang pesawat exsperimen lama,jadi desainnya masih standar

    thanx mbakyu,,

    BalasHapus
  3. Kaya Pesawat Mainan ya Mas, lucu.
    Kalo beneran dah di produksi masal pasti keren

    BalasHapus

Silahkan koreksi melalui kolom komentar. Terima Kasih