Sabtu, 10 September 2011

Sifat Orang Jepang Yang Patut Diteladani


Jepang itu negara yang unik! Yah, itu pendapat ane sih. Banyak hal yang bisa kita temui di sana tapi tidak kita temukan di Negara laen. Lupakan tentang gesekan yang pernah terjadi antara kita ama pemerintah matahari terbit. Meski kita pernah dijajah dan ditindas ayo kita coba contoh beberapa sifat baik orang Jepang. 

- Peduli Pendidikan 
Percaya ga percaya, asal agan tahu! Ketika negeri Jepang sono hancur oleh Nuklir dari Amerika pastinya banyak korban jiwa. Tapi Kaisar pada waktu itu malah mengeluarkan pernyataan " berapa jumlah guru yang masih hidup ?" Hal itu tentu menjadi bukti bahwa orang-orang di sana sangat peduli degnan pendidikan. Sejak jaman dahulu, pemerintah Jepang tidak segan mengirim anak didiknya ke negeri orang untuk belajar! Yups, karena ilmu tak bisa dibeli dengan uang. Dan karena itulah Jepang menjadi negara Industri yang maju di Dunia. 
- Kaizen 
Istilah gampangnya suka improvisasi dan inovasi. Selalu meningkatkan kemampuan pada keahlian yang dimiliki terus menerus. Mengambil yang baik dan membuang jauh-jauh segala hal yang buruk 
- Menghargai jasa orang lain 
Arigato menjadi kata penting bagi kehidupan orang sana atau juga kalimat "otsukaresamadeshita" artinya terima kasih telah bersusah payah hari ini. Mungkin hampir 500 lebih orang Jepang bicara "terima kasih" meski kita hanya membantu suatu hal yang kecil! Itu menandakan mereka begitu menghargai jasa orang lain. 
- Budaya Baca
Hampir seluruh orang Jepang suka membaca. Entah di rumah, di kantor, di WC atau di selokan!hehe. Jadi jangan kaget melihat orang Jepang yang begitu maju wawasannya serta informatif. Tidak heran banyak orang Jepang yang memilih alat tranportasi kereta karena selain waktunya terjadwal, minimnya getaran yang terjadi sehingga mereka dapat membaca dengan tenang! 
- Loyalitas 
Jarang ditemukan orang Jepang yang berpindah kerja. Mereka bisa bertahan di 1 atau 2 perusahaan hingga pensiun. Hal itu bukan karena sebab. Gaji rata-rata disana sangat tinggi sehingga rata-rata gaji disana nyaris sama! Jadi kenapa harus pindah?? Selain itu perusahaan disana begitu menghargai kerja keras karyawannya sehingga para karyawan menjadi betah berlama-lama bertahan. 
- Workaholic 
Jam kerja orang Jepang adalah yang tertinggi di seluruh dunia! Yakni 2500 jam pertahun lebih tinggi dari Amerika dan Eropa yang berkisar 1900 jam per tahun. Working is funny, itu anggapan orang Jepang. Sehingga mereka dapat mengerjakan job masing-masong dengan baik. Ada pepatah  "Kita maksimal bekerja ketika kita mengerjakan hal yang kita sukai". Ada juga pepatah "hara ga hette wa ikusa wa dekinu" artinya kalo lapar ga bisa perang. Pendekatannya, sebelum melakukan aktivitas mereka sebisa mungkin makan agar pekerjaan bisa maksimal. Oh iya sekedar info, biasanya jam masuk kerja di sana jam 9 pagi..beda jauh ama di sini yang masuk jam 7.

20 komentar:

  1. tapi orang jepang gampang tersinggung mas

    BalasHapus
  2. ya itu wajar,,khan setiap hal punya ato ada baek n buruknya!jadi contoh yg baek aja,, :-)

    BalasHapus
  3. hahakk.. iyaa.. oke.oke. kamu kerja mana mas?

    BalasHapus
  4. maaf OOT ...

    jika berminat daftar Google Adsense bisa lihat kesini sobb ...
    Daftar Google Adsense Via Flixya

    BalasHapus
  5. alarhum bapak saya sampe banyak hapal lagu jepang, efek dari penjajahan

    kira-kira orang jepang suka bersedekah apa ndak ya Kang ?

    BalasHapus
  6. Kalo disana keretanya sangat memadai, n keren-keren lagi, kalo disini ada kereta seperti itu, mungkin bisa juga yach meningkatkan budaya baca kita.

    suka dengan quote Working is funnynya..semoga selalu begitu juga dengan anggapan kita.

    Enjoy your job, and you'll never work another day in your life..

    BalasHapus
  7. @leily:masih di rumah nunggu pengumuman,, :)
    @shinobi:okok sobat,,
    @kang ies:wah bener kang,,banyak orangtua pada hapal lagu jepang,,apalagi yang judulnya 'kimigayo'...mungkin ada yang suka sedekah n ada yang tidak
    @MJ:he'em betul,,moga aja di masa depan ada shinkansen di indonesia,,
    hehe,semangat untuk bekerja!

    BalasHapus
  8. orang jepang memang jempol kalo dalam kerja keras^^

    BalasHapus
  9. @chika:yups bener bgt,,maka dari itu mereka bisa maju

    BalasHapus
  10. SDM Indonesia kapan bisa seperti SDM Jepang ya? hehehehe

    BalasHapus
  11. @my collection:asal ada kemauan,ane yakin dalam waktu dekat SDM Indonesia bisa lebih baek! :)

    BalasHapus
  12. indonesia? hmmm jauh dari negara kayak jepang.. tuhhh koruptor aja merajalela..

    BalasHapus
  13. pengen banget kenalan sama orang jepang. :)

    BalasHapus
  14. @lucy:korupsi harus dibabat biar negeri ini mantap perkembangannya
    @chilfia:maunya..hehe

    BalasHapus
  15. perlu dicontoh nih sob. mantap !

    perlu dicontoh nih sob. mantap !

    BalasHapus
  16. dari pada ngebandingin kinerja orang jepang sama SDM di indonesia mending mending merubah diri kita supaya bisa kaya gitu ...

    Best Regards,


    follow yuks @ayudyacorner

    jual parfum body shop,software untuk UKM, kaos2 lucu

    untuk pemesanan silahkan hub 021 97771535 / pin bb : 31664AAB

    BalasHapus
  17. Org indonesia khususnya para pendidikx hrs mencontohkan terlebih dulu hal yang baik, sperti dtang tepat wktu, jgn sampai tlat 1 jam. Itu bukan mendidik namanya, harus punya kesadaran.

    BalasHapus

komentar merupakan tindakan yang terpuji...
Jadi komentarlah dimari..