Sabtu, 19 November 2011

Benarkah Kita Tertipu Media???


image from google

Kemaren habis berdebat di Facebook ama orang-orang malaysia, ane nemuin quote bagus "kalian tertipu media". Ane terhenyak dan terpaku, Ape bener??Dari itu ane menimbang dan berpikir-pikir tantang hal tersebut.
Kita tahu perselisihan antara dua negara ini memang bisa dikatakan bagai kucing dan anjing. Indo kucing dan Malay anjingnya! Dan hal itu merambah ke berbagai hal. Di facebook muncul berbagai macam Fans Page provokasi untuk para BACOT'ERS mengeluarkan segala uneg-unegnya. Kemaren yang paling rame yakni Fans Page AFF Suzuki Cup 2011, rame bener.. Orang Indo n Malay bahasanya pada ga jelas gitu. Ada juga yang ngebandingin antara bahasa Indonesia dan bahasa Melayu dan dijamin bikin ngakak, contoh:

b. Indo : angkatan darat
b. Malay : laskar bersetubuh dengan bumi ( xixi, jangan pade jorok tu pikiran )

b. Indo : angkatan udara
b. Malay : laskar angin-angin ( untung kaga masuk angin )

Lalu sebenarnya apa sih yang menyebabkan perselisihan dua negara tersebut?? Ane sendiri juga bingung.. Memang pemerintah negara mereka banyak meng-klaim sesuatu dari negara kita, tapi terlalu bodoh jika kita menghukum para warganya hanya karena kesalahan pemerintahnya..Sekali lagi, itu Bodoh! Media dalam artian pemberi informasi tidak memberi ruang untuk kedua negeri berdamai namun malah semakin membuat panas situasi. Hal yang bersifat provokatif juga terlalu sering diumbar media. Hanya agar berita laris dan mencari untung. OK memang negeri kita terinjak injak, terhina di negeri tetangga, namun apakah semua orang di sana menginjak dan menghina.. Sebenarnya siapa yang salah akan perselisihan antar kedua negara ini?? dan dua julukan yang sering meramaikan dunia maya INDONSIAL VS MALINGSIAL. Indon dalam arti kata mereka babu alias pekerja kasar, sementara Maling dalam bahasa kita tahu ndiri lah! Dan ane jadi berpikir untuk menimbang lagi setiap perkataan yang diumbar media! Resapi penuh-penuh dan bersikap dengan bijak...Jangan ampe tertipu medi kembali...Bukan bermaksud untuk menjelekkan media yang ada, namun tentunya mereka harus berpikir bijak juga.. Agar hanya bukan memanas-manasi perselisihan tapi bagaimana memberdayakan masyarakat agar mencintai dan membangun negaranya sendiri.

15 komentar:

  1. kagak kok,memang pada kenyataan itu real bukan masalah media membesar2kan suatu hal yang kagak penting, karena dulu saya sempet berfikir kaya u
    tapi setelah w liat film dokumenter dari beberapa jurnalist indepent memang hal tersebut sering banyak ditemukan,
    yang harus disalahkan bukan media menurut saya,tapi para elit kedua belah pihak

    BalasHapus
  2. berkunjung sob..sukses selalu yah
    salam kenal :)

    BalasHapus
  3. @andy : bener sob,, yg utama adalah bagaimana kita memandang segala permasalahan dg bijak! Garuda di Dadaku

    @outbond malang : ok..salam kenal balik. :)

    BalasHapus
  4. hayo sob,, di larang mempropokasi,,dan memperkeruh suasana,, hehe

    BalasHapus
  5. @al kahfi : ok bang,,tenang tenang!,

    BalasHapus
  6. Tapi sumpah, ane kagak punya facebook.. :p

    BalasHapus
  7. Kunjungan balik y gan ^^
    Thx infonya

    http://4share-information.blogspot.com

    Salam blogger Indonesia
    Jangan lupa komentarnya ^^
    Lebih baik saling menyapa sesama blogger Indonesia

    jangan lupa follow jga ^^
    ( bila berkenan )
    Atau subscribe
    Pastinya akan saya foll back / subscribe back

    BalasHapus
  8. Ngakak nih waktu baca LASKAR ANGIN_ANGIN..
    hhahhhah

    Salam sayang dari Putrie Jrs

    BalasHapus
  9. @edi wijoyo : hah..?? #kaget
    buat akun fb dong bang,,

    @anime : ya..

    @putri : xixi.. XD..masih ada bhsa lain yg menarik!

    BalasHapus
  10. menurutku media belum tentu benar seratus persen gan dengan yang ditulis atau yang dibicarakan

    BalasHapus
  11. iya, harusnya masyarakat lebih tertib dan bersikap dewasa. bukannya malah ngata2in pake kata2 kasar gitu-_-
    pemerintah juga salah, seakan nggak pernah tau akan perselisihan yg semakin menjadi2 itu.

    BalasHapus
  12. menurut saya benar gan,, tapi tetep dukung indonesia sepenuhnya ya..

    BalasHapus
  13. ada lagi bro,
    indonesia:menteri kehutanan
    malaysia:menteri semak belukar

    love,peace and gaul.

    BalasHapus
  14. hei! ada PR BERANTAI nih buat para blogger ;) termasuk kamu Rev. Silahkan Cek di..

    http://www.azrinaputeri.co.cc/2011/11/pr-maaf-sabtu-malam.html

    silahkan dikerjakan, jika tidak mau juga tidak papa haha.

    BalasHapus
  15. ckckckck.. sampe seperti itu iia..?!?!? itu kan hanya bahasa kang :(

    BalasHapus

komentar merupakan tindakan yang terpuji...
Jadi komentarlah dimari..